Kenali Terlebih Dahulu Sebelum Anda Menilai

8.05.2008

Persiapan Ramadhan

Bismillah...
Marhaban yaa Ramadhan...Tidak terasa sebentar lagi Bulan Ramadhan akan menghampiri Umat Muslimin di Seluruh Dunia. Padahal masih teringat dengan jelas di benak kita, saat kemacetan terjadi disana-sini. Dimana umat manusia disibukkan waktunya untuk merayakan Hari Raya Iedul Fitri tahun lalu. Sampai-sampai mereka dengan tanpa rasa malu meneguk minuman di dalam Kereta Api, Bis dan kendaraan umum lainya. Selain itu hari-hari yang penuh berkah mereka lewatkan dengan persiapan mudik, membuat makanan "lebaran" dll.
Apakan dapat diterima oleh akal, dimana orang-orang mempersiapkan Hari Raya Iedul Fitri, sedangkan mereka lalai dalam menjaga puasanya? Nah yang lalu biarlah berlalu, semoga Alloh Azawajallah mengampuni dosa-dosa kita yang telah lalu.

Tugas kita sekarang adalah bagaimana persipan kita dalam menempuh ramadhan yang akan datang. Berikut adalah beberapa persiapan yang lebih baik kita persiapkan dalam menyambut Ramadhan.

1. Persiapkan Ruhiyah Kita.

Ini adalah hal yang paling penting. Jangan sampai nikmat Ramadhan baru dapat kita rasakan ketika di akhir-akhir Ramadhan. Mulai sekarang, saatnya memperbaharui dan meningkatkan keimanan kita dengan qiyamullail, tilawah, zikir, dan amalan-amalan sunnah lainnya.

2. Persiapkan Ilmu kita.

Amalan seseorang tidak akan berguna apabila tidak disertai dengan Ilmu yang menganjurkan amalan tersebut. Untuk itu, Ilmu adalah hal yang tidak kalah pentingnya dalam menyambut Ramadahan. Berikut adalah ebook yang dapat anda download. Buku ini memberikan kita ilmu tentang Keutamaan Ramadhan dan Puasa, Kewajiban Anda Di Bulan Ramadhan, Sunah dan Etika Puasa, Hari Yang Dilarang Berpuasa, Lailatul Qodar dan Keutamaannya, Zakat Fithri, Sholat Ied di Musholla (Lapangan) dll karya Syaikh Muhammad Jamil Zainu. Selain itu ada fatwa-fatwa tentang puasa oleh: Syaikh Abdul Aziz Bin Bazz

Silahkan download di link di bawah ini:

Bekal-bekal Ramadhan Oleh Syaikh Muhammad Jamil Zainu

28 FATWA-FATWA SEPUTAR PUASA - Syaikh Abdul Aziz Bin Bazz

3. Persiapkan Jasad Kita.

Puasa Ramadhan adalah Ibadah yang selain membutuhkan kejujuran, kesabaran, tetapi juga kekuatan badan. Untuk itu tidak ada salahnya apabila sebelumnya kita jarang berolah raga, maka kita biasakan untuk meregankan otot-otot kita beberapa waktu atau lebih dari itu.

4. Persiapkan Harta Kita.

Kenapa kita juga harus mempersiapkan harta kita? Tentu! karena pada bulan ini selain kebutuhan pribadi yang kita butuhkan, tetapi ada juga tebar pahala besar-besaran. Untuk itu mempersiapkan harta untuk hal diatas juga termasuk hal yang penting. NAMUN, tidak dibenarkan apabila kita mengulur-ngulur waktu untuk bersodaqoh. dengan berdalih menunggu datangnya bulan Ramadhan.

Mungkin masih banyak hal laninnya yang dapat kita persiapkan dalam menyambut Ramadhan. Wallohualam.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda mengisi komentar pada kotak yang tersediaa: